Evaluasi

1. Dalam menghadapi pesaing, sebuah perusahaan harus benar-benar tahu strategi yang baik yang akan diterapkan pada perusahaan tersebut agar mampu bersaing dengan para pesaingnya. Selain itu, perusahaan juga harus bisa menganalisis para pesaingnya. Dari pernyataan diatas.

a.     MENURUT PENDAPAT ANDA, strategi yang bagaimana yang harus diterapkan agar sebuah perusahaan agar sebuah perusahaan bisa memenangkan persaingan dari para pesaingnya ? jelaskan dan berikan contoh untuk memperkuat jawaban anda!

b.     MENURUT PENDAPAT ANDA, bagaimanakah langkah-langkah dalam menganalisis pesaing tersebut? Jelaskan dan berikan contoh!

2. Bagi sebuah perusahaan barang maupun perusahaan jasa, perusahaan merupakan hal yang sangat vital. Untuk itu pilihlah paling sedikit tiga (3) faktor yang disebutkan dibawah, kemudian jelaskan bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi keberhasilan pemasaran sebuah perusahaan.

a.     Harga produk

b.     Merek

c.     Kualitas pesaing

d.     Tempat

e.     Konsumen

f.      Promosi

g.     Pangsa pasar

3. Bagaimana pendapat anda tentang tren pemasaran saat ini?jelaskan!!

4. Menurut pendapat anda bagaimana perkembangan teknologi khususnya di bidang internet berpengaruh terhadap pemasaran? Jelaskan dan berikan contoh!

5. Perusahaan meyakini bahwa pelanggan adalah pusat laba (profit center), oleh karena itu perusahaan sebisa mungkin berusaha untuk melayani dan memuaskan pelanggan. Pelanggan akan memilih produk yag dari perusahaan yang mereka anggap memberikan nilai/value (ingat nilaitidak sama dengan harga)paling besar. Maka dalam soal ini anda diminta untuk menjelaskan bagaimana kaitan dan pengaruh antara upaya menciptakan nilai, kepuasan, dan loyalitas pelanggandengan keempat unsur dalam marketing mix 4P (product, price, place, promotion). Jabarkan jawaban anda!